Senin, 20 Juli 2009

Saran Dari Symantec Mengenai Koobface

Varian baru worm 32.Koobface kembali ditemukan oleh Symantec Security Response baru-baru ini. Varian baru tersebut terdeteksi sebagai W32.Koobface.C. Koobface, seperti pada kasus-kasus sebelumnya, tetap menyerang website jejaring sosial. Kali ini, Koobface memilih Twitter sebagai korbannya.

Yang dilakukan varian ini cukup mengganggu. Worm ini membajak account Twitter pengguna yang telah terinfeksi dan mengirimkan tweet (update status pada Twitter disebut dengan tweet) untuk menginfeksi para follower (pengguna yang mengikuti perkembangan update status Anda). Ketika pengguna yang terinfeksi log on ke Twitter, Koobface akan membajak sesi log on ini dan mengirim tweet ke account pengguna.

Bagi Anda yang menemukan beberapa link tertentu, berhati-hatilah. Jangan di-klik link tersebut karena ada kemungkinan link tersebut sudah terinfeksi Koobface. Pengguna yang mengklik link tersebut akan langsung diarahkan pada sebuah website video palsu, yang mendorong pengguna untuk download codec untuk bisa menonton video tersebut. Codec ini dideteksi sebagai W32.Koobface.C.

Image

Tweet tersebut antara lain berisi pesan seperti di bawah ini:
• My home video :)
• Watch my new private video! LOL :)
• Michael Jackson' testament on youtube

Untuk kasus ini Symantec memberikan saran untuk Anda:
• Berhati-hatilah akan apa yang Anda klik – kami menyarankan pengguna Twitter untuk menghindari mengklik URL pada tweet, terutama jika tweet tersebut mempromosikan sebuah home video
• Lengkapi diri Anda dengan software keamanan yang kuat dan ter-update untuk menangkap malware dan mencegah Anda untuk mengunduhnya.

Source
: Chip

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
CO.CC:Free Domain

Free File Hosting

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP