Kamis, 02 Juli 2009

Menghangatkan Kembali Hubungan Suami-Isteri

Dalam rumah tangga, terkadang permasalahan kecil dapat menjadi besar. Terutama bila tidak ada komunikasi yang baik antara suami-isteri. Terkadang maksud hati ingin mendiskusikan permasalahan tersebut, tetapi ternyata justru pertengkaranlah yang terjadi. Kehangatan hubungan suami-isteri pun hilang gara-gara permasalahan sepele tersebut. Bahkan, tidak jarang pertengkaran itu harus berakhir di meja pengadilan agama. Untuk menghindari terjadinya hal itu, ada beberapa saran yang bisa dipraktekkan:

Pertama, harus ada keterbukaan yang benar-benar sempurna di antara suami-isteri dalam menyampaikan permasalahan-permasalahan keluarga. Sebab keterbukaan merupakan cara yang paling sederhana, paling mudah dan paling jitu dalam menyelesaikan masalah. Kesalah-pahaman antara kedua belah pihak atau kesalah-pahaman salah satu pihak terhadap pasangannya merupakan pangkal beragam permasalahan di antara pasangan suami-isteri. Jika permasalahan sudah jelas dan masing-masing bisa mengetahui bagaimana pasangannya memandang persoalan yang diperselisihkan dan bagaimana ia menginterpretasikannya, atau mengapa ia melakukan beberapa tindakan (yang tidak mengenakkan hati pasangannya), maka segala persoalan akan bisa diselesaikan dengan tuntas dan memuaskan.

Kedua, masing-masing pihak baik suami ataupun isteri harus menjadikan kemashlahatan dan keutuhan rumah tangga sebagai prioritas utama dan fokus perhatiannya, meskipun terkadang harus mengorbankan sebagian aktivitas yang disukainya. Sebab jika biduk keluarga berjalan baik dan stabil, maka hal itu akan menjadi jalan peretas kebaikan dan kemapanan aktivitas lain yang jauh lebih banyak. Namun bila sebaliknya yang terjadi, maka ia akan menyebabkan ketidak-stabilan psikologis dan akan berpengaruh negatif pada aktivitas yang lain.

Ketiga, masing-masing pihak harus melakukan koreksi diri. Apa kekurangan yang ada pada dirinya dan apa kesalahan yang telah diperbuatnya. Kedua belah pihak tidak boleh mempertahankan egonya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
CO.CC:Free Domain

Free File Hosting

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP